Others

Tak Baik untuk Anak, Inilah Cara Berhenti Menonton Film Biru

Tak Baik untuk Anak, Inilah Cara Berhenti Menonton Film Biru

Sekarang ini, kecanggihan anak-anak dalam menggunakan teknologi memang sangat mengejutkan. Tidak jarang, orang tua yang justru diajarkan oleh sang anak dalam menggunakan teknologi, seperti ponsel. Rentan terpapar konten tak seharusnya, sebagai orang tua Anda harus tahu cara berhenti menonton film biru untuk anak.

  1. Berikan aktivitas anak yang lebih bermanfaat

Anak zaman sekarang lebih suka berdiam diri di rumah atau di tempat yang nyaman. Sudah jarang kita jumpai anak-anak yang bermain di halaman rumah bersama teman lainnya karena mereka lebih suka memegang ponsel untuk bermain games. Padahal, aktivitas fisik justru memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Aktivitas fisik tidak hanya berguna sebagai cara berhenti menonton film biru untuk anak, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan motorik pada anak. Bukan itu saja, kemampuan bersosialisasi juga ikut diasah karena dengan permainan fisik bersama teman, kita bisa berinteraksi dengan orang lain.

  1. Berikan perlindungan pada ponsel

Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu cepat, banyak orang yang kemudian membuat aplikasi atau fitur khusus untuk melindungi berbagai konten di ponsel. Anda bisa memberikan waktu khusus bagi anak untuk bermain ponsel, tapi agar lebih aman Anda harus menguncinya untuk beberapa konten.

Misalnya saja, Anda sudah mengunduhkan video pembelajaran di ponsel, maka Anda bisa mengunci aplikasi Youtube atau pemutar video online lainnya agar anak tidak bisa membuka sembarangan. Jadi, anak hanya bisa mengakses dokumen atau konten sesuai dengan usia mereka dan pengaturan yang telah dilakukan orang tua.

  1. Berikan konten yang edukatif

Keberadaan ponsel dan internet memanglah memiliki dampak buruk dan baik sehingga kita harus lebih bijak dalam menggunakannya. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah memberikan konten edukatif sesuai dengan usia anak, seperti lagu anak-anak, mengenal nama-nama hewan, buah dan konten edukatif lainnya.

Dengan demikian, anak Anda akan lebih fokus pada konten-konten yang menyenangkan. Justru dengan konten edukatif tersebut, Anda bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.

  1. Lakukan pengawasan ketika menggunakan ponsel

Sudah seharusnya jika orang tua melakukan pengawasan terhadap pemakaian media online sang buah hati. Bukan bermaksud untuk posesif, tapi kita juga harus tahu mengenap apa saja yaang diakses oleh anak, apa yang disukai, apa yang diunduh dan lain sebagainya.

Beberapa anak mungkin akan risih ketika orang tua melakukan pengawasan. Untuk menengani hal tersebut, terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda dalam pengawasa. Jadi, ponsel Anda dan si kecil akan terhubung sehingga segala kegiatan yang dilakukan melalui ponsel akan dilaporkan ke ponsel kita.

Sebagai orang tua, kita memang dituntut untuk bisa mendidik anak dengan baik agar bisa berkembang menjadi pribadi yang sukses. Cara berhenti menonton film biru harus diketahui oleh para orang tua. Informasi menarik lainnya bisa Anda dapatkan melalui orami.co.id.