Others

Cara Merawat Mobil Matic agar Tetap Awet dan Nyaman Berkendara

Cara Merawat Mobil Matic agar Tetap Awet dan Nyaman Berkendara

Mobil matic merupakan salah satu jenis mobil yang banyak digunakan di kota-kota besar. Transmisi tersebut pastinya sangat populer karena mudah dan nyaman saat digunakan, terutama bagi mereka yang wanita. Namun, tidak jarang yang mengatakan kalau perawatannya mahal. Padahal, kalau Anda memahami cara merawat mobil matic dengan benar, tentu saja Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perbaikannya.

Sebagai kendaraan yang mudah dibawa, tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam perawatannya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar dapat mencegah kerusakkan yang terlalu parah. Pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan biaya perbaikan hingga jutaan, bukan?

Maka dari itulah, ada baiknya jika Anda mengikuti tips-tips jitu dalam merawat mobil matic di bawah ini.

  1. Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan

Kesalahan yang paling umum dilakukan bagi pengguna mobil matic adalah tidak memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum membawanya berkendara. Tidak jarang hal yang paling mudah ini dilupakan dengan alasan tidak penting, karena memakan waktu atau sedang terburu-buru.

Padahal, mesin mobil yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sangat berguna agar suhu udara yang ada di dalam mesinnya bisa menyesuaikannya dengan suhu yang ada di luar. Selain itu, sirkulasi pada oli pun juga bisa mudah dan cepat merata ke seluruh bagian mesin mobil, sehingga kinerja mobil matic pun bisa semakin optimal.

Karena sangat penting, ada baiknya kalau Anda memanaskannya selama kurang lebih 2 menit. Lebih dari itu, tentunya akan membuang-buang bensin Anda saja. Tapi ingat, Anda harus melakukannya tanpa menyalakan AC agar suhu dalam ruang mobil disesuaikan terlebih dahulu dengan suhu luar ruangan.

Tidak hanya itu saja, pastikan transmisinya berada dalam keadaan netral dan tidak perlu terlalu menekan pedal gasnya. Anda yang terlalu menekan terlalu dalam, pastinya akan membuat polusi karena asap beracun yang keluar lebih banyak dibandingkan saat menjalankannya.

  1. Gunakan persneling dengan benar

Cara merawat mobil matic lainnya yaitu memakai persneling dengan benar. Kinerja mesin mobil akan lebih awet jika persneling digunakan dengan tepat dan sesuai. Ketika mesin mobilnya berada dalam keadaan setengah berhenti (kondisi mesin masih menyala), seperti saat macet, jangan biarkan persneling berada dalam posisi P. Hal tersebut hanya akan membuat komponennya cepat rusak.

Pastikan Anda memindahkannya persneling dalam keadaan N atau Neutral. Jangan lupa rem tangan juga perlu diangkat. Contoh yang lainnya adalah saat Anda sudah selesai memarkirkan mobil maticnya. Biasanya ada orang yang memindahkan persneling ke posisi D atau Drive, lalu tiba-tiba mematikannya dengan paksa.

Ada baiknya kalau sudah selesai parkir, pindahkan saja persnelingnya ke posisi P atau Parking agar kinerja mesinnya tetap awet.

  1. Teliti dengan keadaan mobil

Baik itu Anda sebagai pengemudi atau tidak, ada baiknya kalau Anda harus peka terhadap kondisi kesehatan mobil matic yang digunakan. Ketika keadaan mobilnya sedang sehat, tentu tidak akan terdengar suara atau hal yang aneh gejala kerusakannya.

Tapi, Anda pastinya akan merasakan gejala-gejala kerusakannya kalau mesin sudah mulai mengalami kerusakan. Beberapa hal yang perlu Anda waspadai ketika tanda-tanda tersebut muncul yaitu bunyi mesin terdengar lebih kasar, mobil terasa bergoyang meskipun kondisi jalan halus, atau terjadi hentakan ketika Anda mengganti posisi persneling.

Jika Anda mulai merasakan tanda-tanda tersebut, pastikan Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Jangan sampai Anda membiarkannya terlalu lama, sehingga kerusakannya bertambah parah. Tentu saja akan sangat berbahaya bagi siapapun yang menggunakannya nantinya. Selain itu, biaya reparasinya pun akan jauh lebih mahal, bahkan hingga jutaan jika memang harus diganti semua komponennya.

  1. Servis berkala

Servis berkala adalah cara merawat mobil matic yang paling sederhana dan sangat wajib dilakukan. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar dapat memastikan kalau kendaraan Anda benar-benar masih dalam kondisi yang prima.

Ketika Anda membeli mobil matic, tentu akan diberikan jadwal servis berkala yang berada di dalam buku panduan awal. Ikuti saja panduannya agar kinerja mesin Anda tetap dalam keadaan sehat. Dengan cara ini, tentunya Anda dapat meminimalisir tanda-tanda kerusakan, sehingga gejala tersebut pun tidak akan mudah terjadi.

Berbagai cara merawat mobil matic sudah dibagikan untuk Anda. Pastikan Anda menerapkannya agar kendaraan kesayangan Anda tetap nyaman digunakan dan aman selama berkendara. Tentunya penumpang pun juga akan ikut merasa nyaman, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi mobil matic Anda nantinya.