Kesehatan

Cara Menghitung Masa Subur dengan Melihat Lendir Serviks

Cara Menghitung Masa Subur dengan Melihat Lendir Serviks

Ada beberapa banyak cara memprediksi masa subur wanita agar mereka bisa berhubungan di waktu yang tepat dan hamil. Anda bisa menerapkan salah satu dari beberapa cara menghitung masa subur yang ada. Salah satunya adalah dengan melihat lendir serviks. Bagaimana caranya?

Kenapa Bisa?

Sepanjang masa haid, organ reproduksi wanita akan mengalami sejumlah perubahan sesuai dengan kondisi tubuhnya. Nah, hal ini jugalah yang terjadi pada lendir serviks. Lendir serviks pada masa subur memiliki tekstur dan pH yang sesuai sehingga bisa melindungi sperma sampai mencapai indung telur. Nah, ini dia cara melihat apakah lendirnya bagus atau tidak!

Jenis Lendir Serviks Sesuai Masa Haid

  1. Kekuningan, Menggumpal dan Lengket

Lendir serviks yang dalam keadaan menguning, menggumpal dan lengket terjadi pada masa setelah menstruasi. Jumlahnya sangat sedikit dan kebanyakan wanita akan merasakan vagina kering. Teksturnya seperti lem atau pasta. Kalau lendir serviks Anda dalam keadaan ini, itu artinya Anda tidak berada dalam masa subur karena lendir ini menyulitkan sperma masuk.

  1. Kental dan Lembut Seperti Krim

Jenis lendir serviks lainnya adalah kental dan lembut dengan tekstur seperti krim. Saat ini, biasanya vagina akan terasa lebih lembap. Kadangkala, Anda bahkan bisa menemukan lendir serviks dalam keadaan cair namun masih agak kental. Ketika dalam keadaan ini, Anda masih dalam keadaan tidak subur karena lendir itu masih akan menghalangi sperma masuk.

  1. Encer

Anda juga bisa menerapkan cara menghitung masa subur wanita dengan melihat apakah lendir serviksnya encer atau tidak. Lendir serviks yang encer memiliki bentuk seperti putih telur. Keadaan ini sangat baik untuk sperma berenang menuju sel telur. Di masa ini, Anda biasanya mengeluarkan cairan yang banyak di daerah vagina dan ini adalah masa subur Anda.

  1. Seperti Putih Telur Namun Masih Agak Kental

Kondisi lain dari lendir serviks adalah seperti putih telur namun sedikit lebih kental. Biasanya, hal ini terjadi setelah masa ovulasi lewat. Warnanya memang masih sama-sama jernih dan agak encer, namun ketika Anda memegang lendirnya dengan jari, ia masih lengket.

Lendir serviks yang dalam keadaan ini sebenarnya masih cukup subur untuk mengantarkan sperma menuju sel telur. Namun, memang tak sebaik lendir serviks yang berbentuk encer seperti putih telur dan benar-benar encer bahkan bisa menembus celana dalam Anda.  Oleh sebab itu, Anda harus bisa bedakan mana yang benar-benar encer dan mana setengah encer.

Itulah cara menghitung masa subur wanita dengan melihat lendir serviks. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan jari setelah mengambilnya dari vagina Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tisu toilet untuk melihat kekentalannya. Meski cara ini terdengar mudah, namun tidak semua wanita bisa melakukannya dengan benar.